• SMP NEGERI 1 WONOGIRI
  • -

RAPAT KOORDINASI AWAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hari Sabtu 10 Juli 2021 Bapak/Ibu Guru beserta Karyawan SMP Negeri 1 Wonogiri mengikuti Rapat Koordinasi Awal Tahun Ajaran 2021/2022 yang dimulai pukul 08.00 WIB dari tempat tinggal masing-masing menggunakan aplikasi Zoom dan Streaming Video Youtube. Host yang bertugas adalah Sutrisno, yang merupakan guru Bahasa Inggris, beliau menyampaikan tata tertib dan hal-hal yang menunjang kelancaran dalam mengikuti rapat daring tersebut baik menggunakan Zoom maupun Youtube. Selanjutnya host membagikan link presensi yang harus diisi oleh peserta rapat. Rapat diawali dengan bacaan Basmalah yang dipimpin oleh moderator, Darmawan Basri, yang merupakan guru PABP Islam dan dilanjutkan dengan mendengarkan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Selanjutnya moderator membacakan susunan acara Rapat Koordinasi Awal Tahun Ajaran 2021/2022.

Acara sambutan yang pertama disampaikan oleh Kepala Sekolah, Sri Nuryati. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sesuai edaran Bupati Wonogiri, tahun pelajaran 2021/2022 pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan secara daring karena pandemi Covid-19 belum hilang dari wilayah Wonogiri pada khususnya. Beliau juga berpesan agar Bapak/Ibu Guru mempersiapkan administrasi pembelajaran yang lengkap, model pembelajaran yang menarik dan menantang, serta segera bergabung ke WA Grup kelas yang diampunya. Beliau juga menekankan agar Bapak/Ibu guru selau menyampaikan kepada peserta didik bahwa saat jam pelajaran dipastikan mereka tidak pergi kemana-mana.

Beliau juga menyampaikan apresiasi bahwa SMPN 1 Wonogiri pada ajang FLS2N bisa mengirim peserta lomba selain musik tradisional dan hasilnya cukup memuaskan. Kemudian pada ajang OSN bisa masuk di tingkat provinsi.

“Selamat menyongsong tahun pelajaran baru, semoga kita selalu siap menghadapi segala tantangan. Terima kasih kepada semua yang ikut berpartisipasi dalam rapat daring ini, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan agar dapat membimbing dan membersamai para peserta didik agar mereka juga dapat berprestasi meskipun di tengah pandemi.” Demikian disampaikan Sri Nuryati.

Selanjutnya memasuki materi inti yang pertama berupa Sosialisasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik (MPLSPD) tahun pelajaran 2021/2022 disampaikan oleh Waka Kesiswaan, Joko Trihono. Beliau membacakan susunan panitia MPLSPD dan berpesan agar panitia mempersiapkan acara dengan baik. Kelas dalam MPLSPD dibagi menjadi 2 yaitu Spensa A dan Spensa B. Adapun materi MPLSPD antara lain: Pembukaan, Kurikulum 2013, tata tertib sekolah, PHBS era pandemi, pengembangan diri ekstrakurikuler, motivasi diri dan cara belajar yang efektif di era pandemi, pengenalan profil SMPN 1 Wonogiri, serta Mars SMP dan lagu nasional. Setiap Peserta Didik Baru (PDB) diharapkan menginstall aplikasi Zoom dan You Tube di HP masing-masing, selama mengikuti kegiatan wajib mengenakan seragam sekolah (SD), mengisi daftar hadir secara daring, dan wajib mengikuti kegiatan secara tertib dan bertanggungjawab.

Selanjutnya memasuki materi inti yang kedua yang disampaikan oleh Waka Akademik yang baru, Sriyanto. Beliau membahas bagaimana pelaksanaan kegiatan sekolah dalam tahun ajaran baru nanti, mulai dari penyesuaian pistem kerja, pelaksanaan protokoler kesehatan bagi guru dan karyawan, serta strategi pembelajaran yang masih dilaksanakan secara daring. Beliau juga menyampaikan bahwa PJJ dimulai pada pukul 07.00 – 14.00 WIB. Selama jam pembelajaran tersebut peserta tidak diperbolehkan bepergian keluar rumah.

Materi inti yang ketiga disampaikan oleh mantan Waka Akademik, Sunarno. Beliau menyampaikan pembagian kelas VIII dan IX sudah selesai dan akan diposting di website sekolah, para peserta didik kelas VIII dan IX diwajibkan mencari dan mengunduh file kelasnya di web dan segera bergabung dengan WA Grup kelasnya karena semua informasi penting mengenai KBM akan disampaikan melalui WA Grup kelas. Beliau juga berpesan agar jadwal KBM dicetak dan diletakkan di meja guru masing-masing, selain itu juga dicetak A3 dan ditempel di papan pengumuman ruang guru.

Materi inti yang keempat disampaikan oleh Sriyono yang juga mantan Waka Akademik. Beliau menjelaskan tentang pedoman penyelenggaraan PJJ dimana sekolah bisa menerapkan PJJ daring atau PJJ luring atau kombinasi dari keduanya. Semua guru diharapkan masuk WA Grup kelas yang diampunya, dan memanfaatkan buku aktivitas siswa agar memudahkan dalam memberikan tugas. Adapun periode tugas yang disarankan adalah Mingguan.

Di tengah acara rapat, dilaksanakan kegiatan mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan kesehatan (para tenaga medis) yang telah gugur dalam menangani wabah Covid-19.

Acara berikutnya yaitu penyampaian jadwal mengajar daring yang disampaikan oleh Sie Pembuat Jadwal, Agus Rudi Purwanto. Beliau melaporkan jadwal yang sudah disusun dan meminta saran dan masukan sekiranya masih ada yang kurang sesuai.

Acara inti yang terakhir adalah Sosialisasi SKP dan Penilaian Kinerja PNS Periode Januari – Juni 2021 yang disampaikan oleh Sutrisno, yang merupakan Guru TIK. Beliau menjelaskan tentang penyusunan SKP secara detail, juga menjelaskan revisi juknis SKP PPK Periode bulan Januari – Juni 2021. Sesuai dengan PP Nomor 46/2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS dan Perka BKN Nomor 1/2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP Nomor 46/2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, maka PNS diwajibkan untuk menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) sebagai dasar penilaian prestasi kerja pegawai.

Tujuannya yaitu agar menjamin objektifitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja, sedangkan SKP adalah rencana dan target kinerja yang harus dicapai oleh pegawai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur serta disepakati PNS dan atasannya.

Acara terakhir yaitu lain-lain yang dimanfaatkan untuk menyampaikan usulan, saran, maupun arahan supaya kegiatan belajar mengajar di tahun pelajaran baru nantinya lebih baik pelaksanaannya. Selanjutnya moderator membacakan poin-poin penting dalam rapat dan kesimpulan rapat yang intinya tahun pelajaran 2021/2022, pembelajaran akan dilkukan secara BDR sesuai surat edaran  pemerintah Kabupaten Wonogiri, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum darurat. Pola pembelajaran dari rumah yang digunakan adalah gabungan antara moda daring dan luring. Tepat pukul 11.15 rapat selesai dan ditutup dengan bacaan Hamdalah dipimpin oleh moderator. Rekaman rapat dapat disimak di channel Youtube SMP Negeri 1 Wonogiri Official di link https://www.youtube.com/watch?v=-H33SdouNvE.

 

 

 

 

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENUNJUKAN SMP NEGERI 1 WONOGIRI SEBAGAI SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN (SSK)

  Penunjukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) diselenggarakan pada Kamis, 18 November 2021 pukul 07.30 WIB bertempat di bangsal SMP Negeri 1 Wonogiri dan dihadiri oleh Kepala Dinas

23/11/2021 12:24 - Oleh Administrator - Dilihat 13 kali
ANARKISME ANAK SD

Perlu upaya menyeluruh untuk meretas mata rantai kekerasan di sekolah. Ketika kekerasan masih terjadi di dunia pendidikan, sejatinya pendidikan telah kehilangan filosofi dan tujuannya.

31/10/2021 06:04 - Oleh Administrator - Dilihat 41 kali
Vaksinasi Covid–19 Tahap Pertama

Pemerintah Kabupaten Wonogiri bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Pemerintah Kecamatan Wonogiri, dan  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri melaksa

25/09/2021 12:52 - Oleh Administrator - Dilihat 136 kali
Aksi Bersih-Bersih dan Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Jumat, tanggal 17 September 2021 Guru dan Karyawan SMPN 1 Wonogiri melaksanakan Peringatan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2021 dengan bersama-sama melakukan aksi bersih-bersih

25/09/2021 12:40 - Oleh Administrator - Dilihat 89 kali
ANAK-ANAK LAPAR PERLINDUNGAN

Maraknya anak-anak menjadi korban Covid-19 menunjukkan bahwa perlindungan pada anak-anak adalah persoalan serius bagi bangsa ini. Selain Covid-19, berbagai bentuk kekerasan juga menganc

11/09/2021 05:40 - Oleh Administrator - Dilihat 95 kali
INFORMASI PEMBAGIAN KELAS VIII DAN IX TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  Salam sehat, Berikut ini adalah pembagian kelas VIII dan IX SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Setiap siswa wajib segera bergabung di WA Grup kelasnya. 1. Untu

10/07/2021 14:28 - Oleh Administrator - Dilihat 2617 kali
DAFTAR PESERTA DIDIK BARU YANG SUDAH MELAKSANAKAN DAFTAR ULANG

Berikut ini adalah daftar peserta didik baru SMP Negeri 1 Wonogiri yang sudah melaksanakan daftar ulang. Silakan cek di link:  https://bit.ly/DaftarUlang_PDB2021. Terima Kasih Pani

05/07/2021 17:04 - Oleh Administrator - Dilihat 481 kali
INFORMASI DAFTAR ULANG PPDB 2021/2022

PENGUMUMAN DAFTAR ULANG PESERTA DIDIK BARU SMP NEGERI 1 WONOGIRI TAHUN 2021/2022   Daftar Ulang Peserta Didik Baru akan dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 5-6 Juli 2021 secara

03/07/2021 05:49 - Oleh Administrator - Dilihat 1543 kali
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMPN 1 WONOGIRI TAHUN 2021/2022

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMPN 1 WONOGIRI TAHUN 2021/2022 DASAR Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD,

18/06/2021 13:40 - Oleh Administrator - Dilihat 4246 kali
Mewujudkan Sekolah Aman bagi Semua

Oleh SutrisnoOrangtua harus berperan sebagai garda terdepan dalam membentengi anak dari segala jenis kekerasan. Orangtua memegang peranan terpenting sebagai pendidik pertama dan utama a

10/05/2021 12:11 - Oleh Administrator - Dilihat 392 kali